Konsep Akun Media Sosial Angkatan



1. Latar belakang
Tulisan ini adalah ungkapan kekecewaan yang muncul setelah Saya baru menyadari betapa pentingnya akun angkatan. Pasca kelulusan 2019 lalu, Saya baru menyadari bahwa akun media sosial angkatan bukan sekadar berfungsi sebagai album kenangan yang menyimpan nostalgia, melainkan sebagai media penghubung dan pengingat antar tiap insan manusia yang awalnya pernah bersama. Ia juga berperan dalam tiap apresiasi, si pemberi ucapan kelulusan, ucapan samawa pada pernikahan, bahkan sampai ucapan kelahiran anak pertama. Sebagai sebuah angkatan yang pada awal kaderisasi didoktrin sebagai angkatan solid –yang kita tahu bahwa itu hanyalah omong kosong belaka-, sebuah omong kosong kaderisasi yang berfungsi memeriahakn suasana, bukankah menjadi hal menarik jika sebuah omong kosong menjadi sebuah kenyataan?.

2. Batasan media sosial
Pada tahun 2023, saat tulisan ini dibuat, Instagram masih menjadi pilihan terbaik untuk implementasi pembuatan akun media sosial. Di tahun 2023, Instagram sudah cukup lengkap menyediakan wadah untuk menuangkan kreatifitas dalam tulisan, gambar, dan video.

3. Batasan konsep angkatan
Definisi angkatan yang Saya maksud tidak sekadar angkatan sekolah atau angkatan jurusan, tetapi lebih dari itu. Bahkan, Saya pernah menemukan akun kelas anak SMA, akun angkatan organisasi, dan tim KKN. Saya pikir, sebagai sebuah wadah nostalgia, kita tidak perlu membatasi definisi angkatan dalam definisi mutlak.

4. Desain postingan
Saya terinspirasi dari beragam akun angkatan. Dalam implementasinya, konsep ini dapat disesuaikan dengan apa yang terjadi pada angkatanmu. Semoga berguna!

4.1 Foto angkatan
Dari beragam akun angkatan yang Saya temui, posisi foto angkatan terbaik berada pada postingan paling pertama ketika akun tersebut lahir. Desain bisa menggunakan 2 x 3 atau 3 x 3 menyesuaikan kepadatan orang dalam foto. Mengenai kualitas foto, Saya menganjurkan untuk melakukan editing dan menaikkan resolusi supaya tidak pecah, bisa manual atau dengan AI.
Gambar 1. Posisi foto angkatan

4.2 Foto kelompok
Berdasarkan pengalaman, tiap angkatan biasa terdiri dalam banyak kelompok. Jika koteks angkatan adalah angkatan kuliah, maka kelompok yang dimaksud adalah kelas. Dari beragam akun yang Saya cermati, terdapat dua ide posisi kelompok / kelas, yakni satu baris foto (1 x 3) atau 1 highligt. Jika postingan bukan berupa highlight, maka posisinya tepat berada di atas postingan foto angkatan.
Gambar 2. Posisi foto kelompok

4.3 Foto kegiatan
Postingan instagram sangat layak dikonsep sebagai sebuah timeline yang dimulai dari kegiatan awal paling bawah, hingga kegiatan terbaru paling atas. Atas dasar inilah foto kegiatan biasanya cocok diletakaan setelah foto angkatan dan foto kelompok.
Gambar 3. Posisi foto kegiatan

4.4 Foto penutup
Ini bukanlah foto / postingan terakhir, melainkan foto / momen ketika angkatan tersebut bersama - sama pada suatu tempat / momen untuk terakhir kalinya. Bagian ini paling cocok untuk diisi dengan foto wisuda, perpisahan, acara demisioner, pembubaran panitia, atau penutup acara.
Gambar 4. Posisi foto penutup

4.5 Foto pasca angkatan
Foto kegiatan / apresiasi yang berhubungan dengan masing-masing orang / kelompok pada angkatan tersebut. Bagian ini berfungsi sebagai media informasi "oh, si fulan/ah sedang menjadi ini di acara itu".
Gambar 5. Posisi foto pasca angkatan

4.6 Aktivitas harian akun
Tujuan utama dari akun adalah media nostalgia dan wadah informasi sehingga dalam kesehariannya fokus pada repost jika ada yang tag akun. Sisanya bergantung pada kesepakatan angkatan tersebut.
Gambar 6. Posisi foto secara keseluruhan angkatan

5. Kesimpulan
Ini hanyalah sebuah rekomendasi gagasan yang terlahir atas kekecewaan yang Saya alami. Kekecewaan ini tidak begitu berdampak besar dalam hidup, namun tatkala Saya menyadari satu per satu teman Saya meninggal, barulah Saya paham bahwa akun media sosial angkatan memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan kenangan yang tak akan pernah terulang.

Setiap angkatan memiliki kehendak bebas dan inilah yang Saya rekomendasikan untuk angkatanmu supaya rasa kekecewaanku tidak kamu alami.


Didik Setiawan

Karawang, 2 November 2023
09.29

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antrean di Gelar Jepang UI 29: Analisis dan Implikasi

Temannya Teman